Saturday, February 28, 2015

Surat Rindu II

Tibalah waktu yang ditentukan.
Mereka kemudian menghadap kembali raja. Orang pertama tersenyum, sebab ia tahu bahwa dirinya siap dan sudah melaksanakan tugas. Orang kedua, deg-degan, takut diperiksa. Orang ketiga, lebih deg-degan lagi. Demikianlah, sebab dua dari tiga orang ini, punya salah kepada Raja.
“Kalian telah mengisi karung yang aku berikan?” tanya Raja.
Mereka mengangguk.

Di luar dugaan, Raja ga meriksa karung tersebut, bahkan tidak membuka ikatannya dan tidak melihat dalamnya. Tidak yang pertama, tidak yang kedua, dan tidak dari orang yang ketiga. Melainkan Raja berkata kepada pengawal-pengawalnya... “Masukkan 3 orang ini ke penjara. Dan suruh masing-masing membawa karungnya masing-masing yang telah diisinya dengan isi masing-masing pula. Aku tidak akan memberi makan, dan kalian pun tidak diperkenankan membawa makanan. Tidak boleh juga ada di antara orang-orangnya kalian dan orang-orangnya aku yang memberi kalian makan. Untuk makan kalian selama di penjara, adalah apa yang kalian bawa di dalam karung kalian. Maka masuklah kalian, dan nikmatilah apa yang kalian siapkan untuk diri kalian sendiri.”
Orang pertama masuk penjara, dan memakan bekalnya. Buah-buahan terbaik yang ia petik. Orang kedua, harus memilih lagi yang mana bekal yang bisa dimakannya, dan yang mana bekal yang tidak bisa dimakannya. Bekalnya jelas lebih sedikit dibanding dengan bekal orang yang pertama.


Dan adapun orang yang ketiga, dia tidak menduga bahwa apa yang ia cari dan ia isi untuk karung yang dibawanya, adalah untuk kepentingan dirinya. Dikiranya untuk kepentingan Raja. Ia menyesali sejadi-jadinya. Tapi ia terlambat. Titah Raja jelas, ia juga dimasukkan ke penjara, dan hanya membawa bekal dengan apa yang dicari dan diisinya.
***
Peserta KuliahOnline yang dirahmati Allah... Seperti sifat kuliah, dan juga sebagaimana kuliah-kuliah terdahulu, silahkan tuliskan hikmah dari kisah ini. Dan kirimkan pada kolom tugas dibawah ini
Berikut ini kata-kata kunci yang bisa dipikirkan korelasinya: #Umur #Kubur #Amal Saleh #Kehidupan #Kematian #Penyesalan #Kebahagiaan #Ketakutan #Hari Akhir #Balasan dan #Amal Untuk Siapa.
Silahkan tuliskan hikmah sesuai dengan apa yang Saudara tangkap.
Tulisan RINDU ini dengan “tugas kecilnya”, adalah bener kerinduan saya terhadap Saudara semua. Saya harap Saudara mendoakan saya agar istiqomah mengawal KuliahOnline ini. Dan saya minta Saudara benar mengerjakannya. Ingat, perintah mencari isi karung dan mengisinya, bukan untuk Raja. Tapi untuk diri yang dipesan Raja. Saudara kerjakan hikmah yang saya maksud, adalah bukan untuk saya. Melainkan untuk Saudara sendiri.
Agar lebih berbobot, carilah ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits, yang terkorelasi dengan tulisan saya dan hikmah yang Saudara tulis. Bisa dengan kata kunci yang saya berikan dan cari di internet.
Sampe ketemu besok ya.

Salam, Yusuf Mansur.

0 comments:

Post a Comment

terimakasih telah membaca blog saya..silahkan tinggalkan komentar

Copyright @ 2016 kuliah online yusuf mansur gratis.

Designed by HSM | BoipCute