Wednesday, February 25, 2015

Mukaddimah Kuliah Tauhid - Come to Allah, Talk to Allah

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Allaahumma shallii ‘alaa Sayyidinaa Muhammad wa ‘ala aali Sayyidinaa Muhammad. Nastaghfirullaahal ‘adzhiim wa natuubu ilaih. Walhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Selamat datang buat Peserta KuliahOnline lama dan baru.
         Mungkin peserta baru bingung. Koq langsung Mukaddimah Kuliah Tauhid II? Mana Kuliah I nya? Buat yang lama yang sempat berinteraksi dengan Kuliah Tauhid, Kuliah Tauhid tersebut sudah kami bukukan menjadi sebuah buku dengan judul yang sama: Kuliah Tauhid. Warna covernya kuning. Itulah Kuliah Tauhid I. Semoga bermanfaat. 
Saudara yang belom sempat mengikuti dari awal Kuliah Tauhid I, bisa menyelesaikannya lewat buku tersebut. Sementara Saudara yang baru mendaftarkan diri di KuliahOnline, yang otomatis ketemunya langsung dengan Kuliah Tauhid II, ga usah khawatir. Silahkan baca juga Kuliah Tauhid versi buku, insya Allah nyambung. Pun, kalau tidak, dalam artian Saudara tetap mengikuti langsung yang Kuliah Tauhid II ini, sebagai modul wajib Kuliah Dasar yang Saudara harus ikuti insya Allah mudah-mudahan tujuannya tercapai. Yakni memperkenalkan Allah sehingga muncul keyakinannya, tauhidnya, kepada Allah yang bagus, yang tinggi, sebagai modal juga menjalani hidup dan kehidupan ini. 

        Beberapa materi di Kuliah Dasar, bukan hanya Kuliah Tauhid, sudah dijadikan buku. Sedikitnya sampe akhir Desember 2012 ada 3 materi yang dibukukan. Kuliah Tauhid itu sendiri, Undang Allah Saja, dan Boleh Ga Sih Sedekah Ngarep. Namun saya masih mau mengajar. Karenanya semua yang sudah dibukukan saya bikinkan kemudian “versi II” nya. Tapi ini bukan lanjutan. Sebab basic materinya tetap sama. Hanya pendekatannya yang berbeda. Insya Allah tetap terasa baru, atas izin Allah. Buat yang sudah mengikuti Kuliah Tauhid I, insya Allah ini juga merupakan wawasan baru yang mudah-mudahan menambah lengkap wawasan tentang tauhid. Aamiin. 
Selamat mengikuti.


     29 November 2001, Wirda lahir. Dari awal istri saya hamil, sampe melahirkan, saya sebagai ayah mencari rizki. Bukan ga nyari. Tapi yah, kata orang: “Kalo belom rizkinya, ya susah.” 
Tapi benarkah rizki itu emang susah kalo belom waktunya...?  
Kita coba belajar dari kisah demi kisah dan pembelajaran Kuliah Tauhid II. Apakah bukan karena emang seperti saya? Salah “rundown” mencari rizki. Allah bukan sebagai pusat. Allah bukan sebagai tempat dituju dan menuju. Sandarannya adalah selain Allah. Kita sering atau kerap menyebutnya sebagai ikhtiar. Seperti saya. 
Ya. Seperti saya. 
     Saya merasa, ada yang salah dalam langkah saya mencari rizki. Sehingga saya larut dalam keyakinan orang kebanyakan. “Kalo belom rizkinya, ya susah.” Ini jelas salah.  
     Di Kuliah Tauhid I, saya mengatakan, “Ga dapat rizki pun, itu rizki.” Sebab salah mengartikan bahwa harus berhasil bawa uang, dapat uang, sebagai wujud satu-satunya rizki. Cara berpikir yang salah, mengakibatkan kesimpulan yang suka salah juga. 
Apalagi saya bener-bener merasa salah saat itu. Salah langkah. Kurang bener langkahnya. Sehingga “duit” yang dibutuhkan, bukan Allah. Nyari duit, lebih susah ketimbang nyari Allah. Nyari Allah gampang banget. Dan Jalan-Nya, banyak sekali. Ga seperti yang kita bayangkan. 
Saya saat istri saya hamil, punya dosa sama beliau. Saya bawa ke sana, saya bawa ke sini. Nemuin manusia. Tapi untuk ketemu Allah, duh¸ ga seperti saya membawa ketemu manusia. Perjalanan jauh Jakarta – Bogor, saat itu, yang tidak ada kendaraan roda empat, mengandalkan bus pula dan atau motor, menjadi lebih menarik dan lebih gigih saya jalani. Dan saya bawa istri saya lagi! Dalam keadaan hamilnya. Masya Allah. Jakarta – Bekasi juga. Ya Allah. Kalau ingat, tentu berasa sekali perut besar, usia pun beliau, 16 tahun saat itu, hamil tua, harus bermotor-motor ria. Maasyaa Allah, kalo inget, jadi malu sendiri. Jalanan jelek berlobang, gerimis, menjadi bumbu kepahitan orang yang ga kenal Allah seperti saya. 
Karena itulah, saya buka kembali atas izin Allah Kuliah Tauhid II. Sebagai lanjutan Kuliah Tauhid I. Kuliah Tauhid I sudah dibukukan atas izin Allah. Alhamdulillaah. Nah, karena Kuliah Tauhid I sudah dianggap selesai, sementara saya masih banget merasa kurang belajar dan mengajar tentang tauhid, saya buka lagi Kuliah Tauhid II. 

     29 November 2011, setelah shubuh, Wirda lahir. Duit belom ada. Dan pikiran saya masya Allah, masih duit, duit, dan duit. Padahal sekali lagi, Allah punya buanyak cara, buanyak jalan. Bisa saja kan Allah hadirkan cara lain. Misalnya dibebaskan biaya oleh bidannya, dan lain sebagainya. Tapi fokus saya, salah. Bukan Allah dengan segala Pertolongan dan Kemudahan-Nya. Tapi malah duit. 
Ini pula yang menjadi penyebab mereka yang punya hutang, lama sekali selesai hutangnya. Fokusnya adalah duit. Kalo ada duit, baru masalah, menurut mereka, selesai. Kecil sekali Allah, untuk menolong mereka, harus dulu mereka punya duit. Ga gitu. Sungguh ga gitu. 
     Ini pula yang mendorong mereka yang ga punya kerjaan, ga punya usaha, lalu juga ga punya makanan, sedang mereka punya anak istri belom makan sedari siang, lalu melangkah ngutang. Melangkah pinjem. Atau melangkah minta. Pikirannya fokus pada duit dan makanan. Bukan kepada Allah. Ga mulia. Yang ada sering jadi hina. Bahkan salah-salah, bisa melakukan perbuatan yang salah yang tidak diridhai Allah. Bahkan bisa bertambah-tambah sulitnya.  
Sering saya ceritakan, bagi Allah, cara menjawab kesusahan kita, benar-benar buanyak. Ga kebayang dah banyaknya sama kita. Ga kebayang. 
     Salah satu dari mereka yang kelaparan itu, berdoa, lalu keluar rumah ambil sapu. Nyapuin jalanan. Lihat. Kelihatannya kan ga nyambung. Bukan cari utangan, atau cari kerja apa keq yang bisa langsung “bertransaksi”, ini malah ambil sapu, lalu nyapu jalanan. Kanan ke kiri, kiri kanan. Baru sebaris, baru dari kanan ke kiri, anak sudah manggil: “Pak... Dipanggil ibu. Suruh makan dulu...”. Ya, sangat bisa terjadi Allah mengirimkan orang-Nya, yakni hambaNya, untuk mengirimkan makanan. Lihat, ga usah selalu harus butuh duit.  
Dan masih banyak lagi kisah pembelajaran yang bisa kita pelajari insya Allah di KuliahOnline Kuliah Tauhid II. 

Saya melihat saya.  
29 November 2001, sebagai lelaki, sebagai suami, saya merasa harus keluar. Harus jalan. “Kemana sajalah. Yang penting keluar. Yang penting usaha. Yang penting ikhtiar.” 
Taaaaapppiii... Tunggu dulu... Ada juga soal yang tidak kalah pentingnya. Kalo engga, maka keluarnya menjadi sia-sia. Usahanya menjadi sia-sia. Ikhtiarnya juga akan sangat panjang. 
Lihat ya, saya ga belajar dengan 9 bulan saya “mencari rizki”. Ga belajar. Kan sama tuh. Nyari juga, keluarga juga, ikhtiar juga. Hasilnya? Maasyaa Allah. Lewat sepenggal kisah mukaddimah, Saudara jadi tahu, kalau saya sampe Wirda lahir, tetep ga megang duit. 
Masa saya ga mau belajar? 
Ya, tapi saya ga bisa belajar, kecuali Allah Yang Mengajarkan... 
Hari itu saya pamit... 
Pamit kepada istri saya, pamit kepada anak saya yang baru lahir. 
Dan pamit kepada Saudara semua... 
(+) Loh, koq kepada Saudara semua? Kepada kami maksudnya? Kepada Peserta KuliahOnline...? 
(-) Ya. Kepada Saudara semua... Mau pamit. Segini aja dulu mukaddimahnya. Tar saya sempurnakan dengan izin Allah lewat audio Mukaddimah Kuliah Tauhid II. 
(+) He he he, udah rada hafal nih. Hafal dengan gayanya Yusuf Mansur... Kayak begini. Bilang aja: Ada urusan. Sampe segini dulu ngajarnya... 
(-) He he he, engga. Beneran. Sampe segini aja dulu. Renungin aja dulu paragraf demi paragraf di awal. Itu aja banyak pelajarannya. Toh, bisa Saudara denger penyempurnanya di audio tersebut. Silahkan didownload. Supaya Saudara aktif juga, he he he. Belajar koq pengennya disuapin, he he. 
(+) Okke deh. Iya juga. Sampe ketemu di pelajaran pertama nanti kalo gitu ya... 

Salam, Yusuf Mansur.  

semoga bermanfaat..
sampai jumpa pekan depan.
jangan lupa Like yah he he.
salam boip_art/HSM

0 comments:

Post a Comment

terimakasih telah membaca blog saya..silahkan tinggalkan komentar

Copyright @ 2016 kuliah online yusuf mansur gratis.

Designed by HSM | BoipCute